Tuesday, April 30, 2013

KASUS MLM (Multi Level Marketing)

PT Majuku adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan consumer goods melalui sistem Multi Level Marketing (MLM).
PT Majuku saat ini telah memiliki sistem informasi dengan tidak menggunakan ERP system. Sistem informasi tersebut di develop oleh tim IT PT Majuku. Sistem informasi yang dimiliki oleh PT Majuku sudah terintegrasi, namun kemudian diperoleh informasi bahwa setiap program aplikasi menggunakan bahasa program development yang berbeda. Program aplikasi untuk penghitungan bonus dan jaringan dibangun dengan menggunakan bahasa program Oracle, sedangkan untuk program akuntansi dan persediaan menggunakan program aplikasi yang dibangun dengan Visual Foxpro.
Data untuk penghitungan bonus member, di-entry, proses dan outputnya dikerjakan oleh tim IT. Hasil penghitungan bonus tersebut didistribusikan ke bagian Akuntansi dan keuangan untuk dibayarkan kepada member. Menurut manajer IT, perhitungan bonus sudah pasti tanpa kesalahan karena merupakan output komputer dan tidak memerlukan verifikasi. Setiap karyawan boleh menjadi anggota asal tidak terdaftar atas nama karyawan tersebut.
Server PT Majuku berada di kantor pusat yang berada di Jakarta sedangkan cabang tidak memiliki server langsung menggunakan WAN yang dikoneksikan melalui satelit. Kepada member diberikan fasilitas untuk melakukan transaksi menggunakan internet.
Perusahaan belum menyusun BCP. Namun berdasarkan kebiasaan, data yang ada pada server di back up sebulan sekali dalam bentuk softcopy dan hardcopy yang disimpan pada gudang kantor pusat. Program pada PT Majuku tidak menggunakan audit log dengan alasan membuat penuh memory pada server. Password tingkat tertinggi pada program perusahaan dipegang oleh Manajer IT.
kasus ini bermulai dari karyawan yang ingin mendaftar di perushaan MLM tersebut

analisa kasus:

Perusahaan melarang karyawan nya menjadi anggota MLM tetapi asal tidak menggunakan nama karyawan tersebut, karyawan itu boleh mendaftar sebagai anggota MLM
rekomendasi yang diberikan adalah menjual barang dengan berbagai cara baik melalui pasar maupun pendekatan ke masyarakat.
karena tidak ada server langsung WAN di cabang nya maka perusahaan memberikan kepada member fasilitas untuk memberikan transaksi dengan menggunakan internet.

SARAN
1.Supaya setiap karyawan tetap di perusahaan ini tercatat atau terdaftar dengan tepat.
2.Supaya membuat WAN di setiap cabang nya supaya member bisa melakukan transaksi dengan mudah.

sumber: xa.yimg.com/kq/groups/24927445/.../name/ANALISA+KASUS...

diposkan oleh: Gomer (12108392)

No comments:

Post a Comment